Searching...
January 03, 2015

Membuat Form Contact Us di Blog dan Website

Membuat Contact form memang sangat penting sekali pada di setiap blog atau website terutama yang banyak pengunjungnya. Karena berguna untuk memudahkan pengunjung blog tersebut jika ada keluhan atau pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada pemilik blog atau website. Halaman contact form sepertinya memang sudah jadi kebutuhkan pokok dalam melengkapi menu-menu di blog.

Cara membuat halaman contact form kali ini pun bisa dibilang sangat mudah karena kita tidak perlu membuat kode atau script HTML yang hanya akan membuat pusing kepala. Kita bisa dengan mudah membuat contact form dengan produk gratis yang diberikan google yaitu Google Drive. Di google drive disediakan produk-produk gratis salah satunya adalah Google Formulir. Dengan google formulir ini kita bisa membuat sebuah form yang bisa digunakan untuk pendaftaran online secara gratis dan juga bisa digunakan sebagai contact form diblog. Kita tinggal isi data-data yang dibutuhkan dan setelah selesai tinggal kita salin kode nya ke blog kita sebagai halaman contact form. Mari simak cara dibawah ini untuk membuat halaman contact form di blogspot dengan mudah dengan menggunakan Google formulir.


Cara membuat halaman contact us di blogger dengan menggunakan google drive.
  1. Cara pertama adalah klik drive.google.com di browser seperti mozila.
  2. Klik tombol merah yang bertuliskan BARU untuk membuat dan mendesain contact form yang ingin dibuat.
  3. Pilih Google formulir
  4. Pada tulisan Formulir Tanpa Judul isikan judul contact form sesuai kebutukan.
  5. Pada judul pertanyaan ketikan dengan kata Nama
  6. Pada teks bantuan isikan dengan kata kata yang bisa membantu pengunjung mengetahui nya contoh isikan dengan “Isikan nama lengkap anda”
  7. Di pilihan jenis pertanyaan silahkan ganti dengan pilihan teks.
  8. Tambahkan kan field yang lain dengan cara mengklik tambahkan item, dan isi seperti cara di atas untuk membuat field email. Kalau tadi pertama kita membuat untuk field yang untuk dimasukan nama. Dan tambahkan satu lagi field untuk dimasukan kotak textarea nya yaitu untuk menampung pesan pengunjungnya dengan Jenis pertanyaan nya adalah Text Paragraf. Nah ini akan menghasilkan kotak yang lebar berbeda dengan kotak-kotak field yang pertama.
  9. Jika semuanya telah selesai diisi sekarang tinggal mengklik tombol Kirim formulir dan akan dibawah ke jendela baru yaitu kirim formulir.
  10. Pilih tombol sematkan dan salin kode yang ada didalam kotak tersebut ke halaman blog yang ingin dibuat halaman contact form nya dengan metode penulisan HTML.
Sekarang coba terbitkan halaman contact form yang baru saja kita buat dengan mudah.  Semoga artikel cara membuat halaman contact us di blogger ini bermanfaat bagi para pembaca blog ini.

1 comments:

 
Back to top!