Searching...
December 31, 2014

Tidak ingin ketahuan telah membaca pesan di WhatsApp?

Gelar untuk fitur yang paling banyak disalahpahami di dunia startup teknologi jatuh kepada Whatsapp – secara spesifik, tanda centang yang muncul di sebelah pesan yang sudah terkirim. Selama ini, banyak yang mengira bahwa tanda dua centang adalah sang penerima telah membaca pesan tersebut, namun hal itu ternyata salah.
Beginilah cara kerja tanda centang yang sebenarnya: satu tanda centang menunjukkan bahwa pesan sudah mencapai server Whatsapp, satu centang tambahan menunjukkan bahwa pesan sudah sampai ke smartphone penerima. Sekarang, WhatsApp menambahkan informasi ketiga dalam bentuk tanda centang berwarna biru yang menunjukkan bahwa sang penerima telah membaca pesan tersebut.
Menyinggung masalah privasi, Whatsapp baru-baru ini memperkenalkan pilihan untuk menyembunyikan notifikasi “last seen” yang memberi tahu seseorang kapan Anda online di Whatsapp. Pengenalan tanda centang biru ini merupakan sesuatu yang cukup aneh mengingat hal ini akan menimbulkan sebuah tekanan sosial untuk membalas pesan tersebut. Banyak pengguna yang menganggap bahwa ini adalah sebuah pelanggaran privasi.
Untungnya, seseorang telah menemukan sebuah cara untuk menanggulangi fitur baru ini. Rahul Banker, kepala Google Developers Group India, menjelaskan caranya di blog yang ia kelola.

Begini caranya. Ketika Anda menerima sebuah pesan Whatsapp, jangan membuka pesan tersebut terlebih dahulu. Alih-alih, matikan koneksi internet dan wifi Anda lalu buka Whatsapp dan baca pesannya. Tutup aplikasi, sambungkan kembali smartphone Anda ke internet dan tanda centang akan selalu berwarna abu-abu.
Selamat mencoba!

2 comments:

 
Back to top!